Selasa, 28 Oktober 2014

Ilmu Sosial Dasar

Definisi Ilmu Sosial Dasar
Definisi Ilmu Sosial Dasar menurut 3 sumber adalah:
  • Ilmu Social Dasar ( ISD ) adalah ilmu pengetahuan yang menelaah masalah – masalah social yang timbul dan berkembang, khususnya yang diwujudkan oleh warga Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu social. pengetahuan yg menelaah masalah2 sosial, khususnya masalah – masalah yg diwujudkan oleh masyarakat Indonesia, dengan menggunakan Teori – teori yg berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu – ilmu sosial (seperti Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah).
ISD juga merupakan suatu usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan umum dan pengetahuan dasar tentang konsep2 yg dikembangkan untuk melengkapi gejala – gejala sosial agar daya tanggap (tanggap nilai), persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosial dapat ditingkatkan, sehingga kepekaan mahasiswa pada lingkungan sosialnya menjadi lebih besar.
  • Ilmu Sosial adalah ilmu yang mempelajari sosial manusia di lingkungan sekitar seperti sosiologi, ekonomi, politik, antropologi sejarah, psikologi, geogrofi dll.
ISD adalah gabungan dari disiplin ilmu sosial yang digunakan dalam pendekatan dan pemecahan masalah sosial yang ada di lingkungan sekitar kita. ISD memberikan dasar – dasar pengetahuan tentang konsep untuk mengkaji gejala sosial.
  • Ilmu Sosial Dasar bukan merupakan disiplin ilmu tersendiri, karena Ilmu Sosial Dasar tidak mempunyai obyek dan metode ilmiah tersendiri dan juga tidak mengembangkan suatu penelitian sebagai mana suatu disiplin ilmu.
Jadi dapat disimpulkan bahwa Ilmu Sosial Dasar tidak memiliki metode dan objek tersendiri serta tidak mengembangkan suatu penelitian melainkan Ilmu pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial yang muncul dan berkembang dengan menggunakan pemecahan-pemecahan sosial berdasarkan teori-teori, pengetahuan dan dasar yang dipelajari dan diberikan dalam ilmu-ilmu sosial agar pola pikir (mindset) dan penalaran masyarakat dapat ditingkatkan serta dikaji lebih dalam menghadapi gejala-gejala sosial yang ada.

Tujuan Ilmu Sosial Dasar
  1. Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
  2. Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usaha menanggulanginya.
  3. Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya secara kritis-interdisipliner.
  4. Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.  
Persamaan dan Perbedaan Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Budaya Dasar 
Persamaannya adalah:
Sama-sama menjadi satuan pengetahuan yang dikembangkan sebagai usaha pendidikan dan sebagai mata kuliah dasar umum (MKDU), diberikan kepada mahasiswa di seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta.

Perbedaannya adalah:
Ilmu Sosial Dasar adalah Mempelajari tentang masalah-masalah manusia yang mencangkup sosial kemanusiaan sedangkan Ilmu Budaya dasar adalah mempelajari semua kebudayaan indonesia maupun internasional.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar