Minggu, 11 Oktober 2015

Peng. Tek. Internet & New Media



3D PRINTER


ABSTRAK
3D cetak juga dikenal sebagai prototyping cepat teknologi adalah proses desain dimana panduan pemrograman komputer pembuatan Model tiga dimensi melalui layering bahan fabrikasi. Insinyur, desainer dan teknisi akan mendapat manfaat dari produksi prototipe maju. Baru-baru ini Teknologi baru telah dikembangkan memproduksi banyak keuntungan bagi mereka yang membutuhkan teknologi prototipe cepat. Printer 3D tersedia saat ini adalah lebih cepat, lebih mudah dan lebih terjangkau daripada teknologi fabrikasi sebelumnya. Cetak 3D juga menghilangkan kebutuhan untuk alat mahal dan pengrajin terampil untuk menghasilkan desain prototipe, membuat proses lebih terjangkau, biaya efisien dan diinginkan.

SEJARAH
Pada tahun 1986, ada seseorang bernama Charles W. Hull memiliki hak paten dengan teknologi stereolithography. Teknologi ini merupakan teknologi untuk membuat objek 3D. Tentu saja, Printer dengan teknologi 3D sangatlah mahal. Printer tradisional yaitu printer 2D bisa anda beli dengan hanya beberapa ratus ribu rupiah saja. Sedangkan untuk printer 3D, anda harus mengeluarkan uang ratusan juta rupiah untuk memilikinya. Karena harga yang sangat mahal, berbagai orang mulai membuat printer 3D yang setidaknya dapat mengurangi harganya. Namun, tentu saja akan ada keuntungan dan kerugiannya.

PENGERTIAN
3D Printing adalah sebuah printing yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, namun berbeda dengan printing biasanya yang mencetak data dalam sebuah kertas ataupun lembaran lainya. Dengan teknologi dari 3D printing sebuah perusahaan dapat membuat sebuah prototype tanpa harus menghabiskan bahan baku ataupun material. Karena sehabis seorang designer menggambar object 3D mereka akan bisa langsung mencetak hasil design mereka dengan printer tersebut dan langsung mengetahui kira-kira apa saja kekurangan dari design yang telah dibuatnya.

PERANAN
Melihat prospek ke depan printer 3D dan perkembangannya, aplikasi printer ini sudah mampu merambah ke segala lini. Saat ini terus dikembangkan bahan filament yang mencapai titik didih tinggi, dengan kekuatan yang ekstrakuat. Kalau itu sudah tercapai, aplikasinya bisa lebih banyak lagi.
national geograpihic akan lebih membantu mengeri betapa hebatnya printer 3D ini. Printer 3D milik perusahaan 3D printing Zcoporation ini memang memiliki kemampuan replikasi tercanggih yang bahkan mampu mereplikasi warna dan interior suatu benda . Perusahaan tersebut juga menggunakan powder rahasia yang dapat meniru kekuatan material sesuai yang diinginkan pelanggan. Mesin ini untuk prospek di masa depan akan dipakai oleh NASA utuk mereplikasi alat-alat yang tak sengaja menghilang di angkasa .

FUNGSI
·         Waktu pembuatan cepat
·          Proses pengerjaan cukup mudah
·          Bisa membuat bentuk yang rumit
·         Mampu mengerjakan sekaligus 2 pekerjaan, yaitu membuat sekaligus mewarnai sesuai benda aslinya
·         Mudah di ubah jika objek terjadi kesalahan

APLIKASI YANG DI GUNAKAN - CAD (Computer caidgn design).
Prinsip utama untuk pencetakan printer 3 dimensi yaitu membutuhkan data yang berbentuk tiga dimensi juga atau yang disebut dengan data digital tiga dimensi. Dalam dunia keteknikan biasa disebut CAD (Computer caidgn design). CAD merupakan aplikasi yang mampu menampilkan data dalam 3 dimensi.
Sebenarnya ada beberapa metode yang digunakan dalam membuat printer 3 dimensi. Metode kerja printer 3 dimensi yang pertama adalah yang menggunakan aplikasi. Cara kerjanya, bahan pengikat yang digunakan pada printer 3 dimensi ini menggunakan bubuk kering yang dipadukan dengan suatu bahan perekat berbentuk cairan. Percampuran ini memungkinkan printer untuk dapat membuat lapisan demi lapisan hingga menjadi sebuah objek yang nyata.
Tentu saja dengan adanya teknologi ini sebuah desain dapat langsung diwujudkan ke dalam bentuk aslinya dengan perantara komputer. Bila pada teknologi konvensional manufaktur harus melalui proses panjang dan rumit, dengan teknologi ini tidak lagi. Printer 3D memutus mata rantai cetakan yang cenderung lebih rumit. Sebuah benda dapat langsung dibuat satu per satu.



Referensi:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar